Keganasan ikan Hiu merengut keperawananku. (Bag.1)

Whitetip reef shark
Whitetip reef Shark. (Triaenadon obesus) yg di foto di Medang, Perairan Kita.

Gambar didapat dari/Picture taken from Sharks – Squali http://www.robertosozzani.it/Sharks/cont.html

tulisan ini saya trackback ke beberapa tempat, walaupun kaga nyambung dgn isinya. alasannya? simple… blog anda top, dan masih sulit mencari postingan di WP ttg lingkungan. thanks utk izinnya.

Sumber dan Inspirasi : Sebuah restoran china, WWF Indonesia, Gatra.com, Tempointeraktif, Suara Pembaharuan, Geocities.com, Wikipedia Indonesia dan beberapa buah situs serta webblog sebagai pembantu tambahan.

Selagi asyik memandangi berbagai macam gambar aduhai dan mengundang nafsu, tiba2 mata saya melihat suatu menu dgn nama yg cukup asing. Gambar aduhainya sendiri tdk terlihat jelas. hanya sebentuk cawan dgn nasi yg dilumuri (kira2) Sup atau bubur panas yg terlihat spt lendir bewarna putih.

Nama yg mengundang nafsu tersebut adalah P*k*a Hir*. Yg bisa berarti sirip ikan hiu. karena saya memang belum pernah mencobanya, saya memesannya satu, disamping sedikit menu lainnya sebagai tambahan. (rakus? mmm.. maklum deh).

Rasanya ? pasti anda telah pernah mencobanya. bahkan mungkin beberapa kali. tetapi, maaf, bagi saya rasanya sedikit aneh dan berbau b*s*. (sumpah, itulah yg saya rasakan, bukan bermaksud memprovokasi. tak ada niat apapun, tetapi harus dituliskan supaya gamblang). sehingga nafsu birahi saya yg tadinya menggebu2, tiba2 saja turun drastis.

Sebelum ceritanya dimulai, kita sedikit berbalik kepada pemilik sirip tersebut.

Hiu, sejenis ikan (yg bilang sejenis kingkong sapa ?) yg kita semuanya tahu, memiliki deretan tulang2 muda yg paling sempurna dari sekian banyaknya spesies hewan di Dunia ini. walaupun mereka mempunyai tulang belakang, namun karena tulangnya terdiri dari tulang rawan semuanya, ikan ini bisa kita bilang menyerupai Ikan yg tdk mempunyai Tulang sama sekali.
Ikan Hiu memiliki sirip dorsal, sirip anal, sirip kaudal, sirip pelvik dan sirip pektoral. kulit atau sisik2 halusnya disebut juga dermal denctile. dan Ikan menyeramkan ini juga mempunyai deretan gigi2 yg mirip gergaji, yg bisa tergantikan. hebatkan ?

Ikan ini juga ada yg imut2. cumen sekitaran 15 centi doang (Squaliolus Laticadus), atau cumen segede telapak tangan. tapi ada juga raksasanya. (Rhincodon typus). Whale shark/Ikan hiu besar ini mirip dan sama gedenya dgn ikan Paus. sekitar 10-15 meteran. tapi dont worry, si Giant ini cumen makan plankton doang, melalui saringan di mulutnya. (sumpah, belum terbukti ada yg sampe makan kapal selam).

Yang terkenal dan paling sering kita dengar adalah Hiu banteng. foto2-nya sering kita lihat. ikan jenis ini bersifat agresif. memakan ikan lain, jenis seafood, burung2-an (nah lho! pegang burung anda) bahkan ikan hiu lainnyapun termasuk makanannya. (banyak kasus pernah menyerang manusia). Hiu banteng (Carcharhinus leucas) terkenal juga dgn nama Hiu Zambesi atau Zambi. atau para peneliti sering pula menyebutnya dgn Hiu Nicaragua atau hiu Afrika. banyak ditemukan disepanjang pantai atau perairan2 dangkal. mereka juga bisa berenang di perairan air tawar.

Ikan ini (ikan lho ! saya kaga sebut Gorilla) telah menjelajahi samudera selama 400 juta tahun. dan konon, ditubuh sexi ikan ini, sel kanker sama sekali tak bisa tumbuh, karena susunan atau morfologinya yg tak pernah berubah sama sekali. (benarkah ?)

Mereka bernafas dgn menggunakan insang. dan tentu saja tdk menggunakan masker tabung oksigen, apalagi baju renang di air. :) pokoknya tentang Hiu, baca aja Disini.

Yang sialnya, dari tulang rawannya, para saintis menemukan adanya Protein, kalsium, fosfor, air, lemak, karbohidrat, Dll, alias Nutrisi2 yg dibutuhkan para Manusia. Dan diyakini mampu mencegah proses penuaan, mampu mendongkrak vitalitas sexual kaum manusia, mampu mencegah tumbuhnya sel2 kanker berikut penyembuhannya, mampu menyembuhkan penyakit tulang, dan akhirnya dikatakan mampu utk ini, mampu utk itu……

Padahal, kita semuanya tahu. tak ada satupun, atau jenis makanan apapun yg dapat kita katakan sebagai the Nearli Perfect food`s. karena kekurangan satu komposisi makanan, hanya dapat disuplai oleh jenis makanan yg lain, yg mengandung kekurangan2 tsb.
*pake otak dong…. Pakeeeee !!!* Tak ada makanan ataupun penyembuh apapun yg 100% sempurna, sehingga bisa mengalahkan takdir Tuhan.

Di China, hampir biasa kita menemukan menu tradisional masakan Sirip ikan hiu. mereka percaya bahwa mengkonsumsi ikan ini mampu mencegah proses penuaan dan meningkatkan vitalitas mereka. (hanya karena mengandung nutrisi, gelatin/kolagen ?)
terus, berbagai kandungan tsb, bahkan membuatnya menjadi berbagai macam resep makanan, bahan kosmetik, Obat2-an dan suplement (termasuk juga minyak ikan, yg terkenal adalah minyak ikan Hiu botol dan minyak ikan hammer head shark. – kepala martil).

Tahukah anda, kalau si sexi ini semakin hari, setiap menit-setiap detiknya, semakin berkurang jumlahnya ? sampai ada beberapa spesies yg bisa dikatakan hampir punah ? seperti hiu gergaji (pristis microdon/family pristidae), yg terkenal akan bentuknya yg menyeramkan. tetapi keperkasaannya itu akan tinggal menjadi kenangan saja…. hiks… :(

Ikan hiu gergaji ini terdapat di danau sentani, Papua. lho kok danau ? lha iya… walaupun anatominya mirip dgn yg hidup di laut, tetapi dia ini jelas2 jenis hiu yg hidup di air tawar. keunikan Hiu langka ini karena didepan mulutnya terdapat alat panjang spt gergaji, yg merupakan senjata khasnya. dan satu lagi, Hiu ini hanya terdapat di Negeri kita. Orang bule menyebutnya dgn Largetooth Jawfish. Orang kita menyebutnya dgn Hiu sentani, atau Pari. jenis ini dibedakan dari bentuk giginya. (saya sambung nanti ke bag.2)
sayang…. kelangsungan hidupnya penuh dgn pembantaian dari Kaum biadab.

kemudian contohnya lagi adalah Ikan Hiu rajawali/Porbeagle Shark (Lamna nasus), terusnya ikan Hiu Pondichery/Pondichery Shark (Carcharhinus hemi), ikan hiu gergaji bergigi kecil/smalltooth sawfish (Pristis pectinata), ikan Hiu abu2/grey Nurse Shark (Carcharis taurus).
Terusnya yg ini, yg itu, yg ono, buanyakkkkk lagi. dari Ikan hiu putih/whiteshark (carcharodon carcharias) sampai Ikan hiu Anjing berduri (spiny Dogfish) semuanya dilindungi, dan dicatat dgn tinta merah oleh IUCN. (cari aja sendiri kalau mau tau semuanya). :)

Ikan Hiu adalah 7% ikan, dari seluruh jenis ikan yg ada di Planet ini. jenisnya buanyak banget. mengenai jenis2-nya, plus berikut bahasa rumitnya (latin) anda bisa dapatkan dari Biology of Sharks and Rays(Checklist of living Sharks).

Ikan ini juga adalah top level predator. konsumen paling atas yg sangat berpengaruh bagi keseimbangan ekosistim di Laut. akan ada terjadi gangguan dalam penjagaan keanekaragaman hayati, bila si sexi ini punah semuanya. so ? jangan tanya bagaimana, hanya lakukan pengawasan dan perlindungan ketat terhadap mereka. buat undang2 dgn hukuman yg cukup berat , disertai pengawasan yg ketat, yg benar2 Undang dan pengawasan thp kelangsungan hidup flora-fauna dan kelestarian alam. jangan bisanya buat RUU-APP.

***

BERITA SESAAT.
dari email saya :

Dear telmark wordpress.com,

Thank you for signing our “Stop Distribution of Shark Fins” petition at

http://www.thepetitionsite.com/takeaction/400108473.

As the 7,619th person to sign this petition, you are helping us reach
our goal of 10,000 signatures.

(tdk semuanya saya copy) kemudian :

You can help make this petition a success – please share this petition
with your friends and family. Petitions will succeed only by word of
mouth, and every signature makes a difference! Forward our sample email
below, or simply send your friends this link:
http://www.thepetitionsite.com/takeaction/400108473 (pokoknya begitu deh)

silahkan isi petisi di Stop Shark Finning – Indonesia Campaign.

catatan. saya tdk mencantumkan nama asli, hanya (1) Mr. (2) telmark, kemudian (3) wordpress.com.
begitu selesai ditandatangani, YM anda akan menyala. dan email anda segera tertera 2 buah kiriman dari petition tsb. yg sudah tahu, thanks, yg belom silahkan mencobanya.

sekali lagi, bila anda perduli :
Tolong sebarkan keseluruh kenalan. / Please share this petition with your friends.

***

Saya tahu. mungkin hidangan sirip “lezat” tersebut bisa anda pesan atau anda masak sendiri kapan saja. tetapi ingat ! bayangkan sebuah pembunuhan masal ditengah2 samudera luas, tanpa ada Hukum atau pemerhati lingkungan atau departemen apapun yg mampu terus2-an “mengawasi” tindakan2 biadab tersebut.
Mereka, menangkap Hiu (tak perduli jenis apapun) hanya utk tujuan komersial tanpa melihat perbuatan tsb right or wrong.
kebanyakan dari hiu tsb ditangkap dgn alat jaring, dicari atau dikejar dgn menggunakan GPS, dgn tehnik mutakhir kelautan. kabarnya, sekarang2 ini mereka menggunakan pula alat pemanggil, sonar dgn frekwensi tertentu, sehingga hiu2 tsb berkumpul tak jauh dari daerah yg bakal jadi tempat penjagalan mereka.

Dan Kualatnya lagi, banyak dari Nelayan2 sialan itu yg hanya menangkap dan memotong siripnya saja, utk kemudian membuang tubuh hiu tsb kembali ke laut. walaupun sebagian sudah menjadi bangkai, namun sebagian lainnya dibuang masih dalam keadaan hidup… utk kemudian merasakan sekarat dan kematiannya.

Tentang mitos ikan Hiu, adalah tidak benar. mau tahu ? tunggu ya…..
Bersambung. (to be continue).

NgapDate:    Tentang hubungan keperawanan dgn keganasan Ikan Hiu, silahkan baca di bagian 2-nya, di blog ini jg. (hanya utk 17 th keatas).     

58 Tanggapan

  1. emang berguna sih namun apa bener ya mengenai mitos2 itu pak.. sayah takutnya mitos2 itu malah membuat ikan hiu musnah dari lautan dunia nih :)

  2. “simple… blog anda top,”
    ah ya? saia jadi merasa maloe…
    ____________________
    ah ya, saia baru aja ikotan petisinya. makasi atas infonya ya kawand?!
    smangadh!!!

  3. nunggu lanjutannya aja…

  4. Saya tdk suka makan daging,
    ayo galakkan vegetarian….. lha kok OOT

    Hiu masih mending mengingat keganasannya, lha penjagalan lumba2 gimana to? sedih gw ngeliat lumba2 yg sekarat bersimbah darah dirumah jagal… :(

  5. ehm…, bagian mana yg ada hubungannya dgn keperawanan? kok ga keliatan ya? skrinsyut dong

  6. 2ndnyah lebih seru kaya’na

  7. @almascatie
    memang itu penyebabnya almas… :(
    saking cepatnya beberapa spesies musnah, IUCN sampai menempatkannya dlm daftar merah. mutlak yg masih ada harus segera dilindungi.
    Mitos itu kaga bener. di bag.2 nanti insya Allah saya tuliskan. :)
    thanks.

    @hoek
    seeeppp temandz. gerakan itu menginginkan sampai 10.000 tanda tangan di petisinya.
    trims.

    @ck
    ok. :) thanks.

    @cy
    dolphin juga. btw, si shark lebih mempunyai legenda dan mitos2 yg berlebihan, sehingga pembantaiannya meroket luar biasa.

    dibagian ke 2 nanti, akan ada hubungan tentang si perawan yg “diganasi” si ikan hiu disebuah pantai. trims.

    @superkecil
    semoga saja. posting ttg lingkungan memang kurang Greget sih biasanya. (apalagi kalau dibandingkan dgn……..) ;)
    thanks.

  8. *langsung aja ngsisi petisi *
    kabur deh ke tkp
    infonya hangat banget nih

  9. saya mulai kagum dng hiu sejak pelem-pelem Jaws itu :D

  10. yap, mestinya kita melindungi satwa yang hanya ada dan hidup di negeri ini seperti hiu sentani itu,

    sayangnya pemimpin kita juga sudah menyerupai hiu ganas yang siap membumi hanguskan seluruh kekayaan alam negeri ini, nggak peduli yang didarat, diperut bumi bahkan di air.

    *menuju petisi*

  11. Mantaf, mantaf. Enak dibaca dan edukatif. Btw, soal sirip ikan hiu dan status nyaris punahnya, saya jadi ingat… Yao Ming. :P

  12. @anas
    iya, baru aja diangkat dari kompor, jadi masih anget. hehehe…
    thanks.

    @caplang
    wew, hiu2 di film itukan hiu horor semuanya. :)
    trims.

    @peyek
    betul mas peyek. kerakusan mereka sudah menyerupai. tetapi kalau hiu bisa kenyang perutnya, para pemimpin kaga pernah ada kenyangnya ya ?
    thanks.

    @kopral Geddoe
    Yao ming ? saya malah ingat mao ying … ;)
    thanks.

  13. hohoho…
    kirain apah…
    ya…emang bener trik trik para penjuwal kuwe…

    kuwenya dibikin menarik, biar ada yang mau beli…

    dan anad berhasil sekali kali ini… ;)

    *asli!ini bukan OOT*

  14. memang sirip hiu adalah tasteless, seperti kuku atau rambut, nggak ada protein atau vitamin,,yang buat enak justru bumbu bumbu lainnya dalam makanan itu…

  15. @Nyonya Farid
    maksudnya Judul diatas ? judulnya masih ada hubungannya kok. btw trims buat pujian triknya.
    tetapi, sasarannya blog ini memang isu tentang lingkungan. jadi, judul itu sekalian buat menjaring mereka yg sedang horny dan menggunakan mesin pencari. siapa tahu diantara mereka ada pecinta lingkungan juga, yg bisa berbelok dari horny menjadi perduli. ;)
    thanks.

    @iman brotoseno
    wah benerrrrr tuhh…
    malahan dibumbuin juga rasanya masih kaga enak. sumpah ….
    thanks.

  16. Waaduh ini cinta lingkungan berkaitan dengan lingkungan sekwilda… bisa aja mas… btw, saya tunggu lanjutannya..

    @peyek
    kalau pejabat itu mirip hiu, enaknya di apain kang ????

  17. @kangguru
    seepppp, akang guru emang perduli dgn lingkungan. :) thanks.

    @Kurtubi
    hehehe….. ;)
    mas peyek pasti bilang, dibakar and dikecapin. :)
    thanks.

  18. ketipu judul tapi tte2b setujuh dgn petisi ini
    btw dipluit ada satu toko yg jual siriphiu dengan harga ampe puluhan juta

  19. [...] Sebelumnya, utk mengetahui Ikan sexi dan supaya paham kelanjutannya, silahkan baca: Keganasan ikan Hiu merengut keperawananku. Bag.1 [...]

    • utdihfihuhfufuhufhduhfgsgugheuerhuhfsuuuyuguyhuhuhuhughuhghfuguyhgufugfhgufgtudygufyugfuhgugdybu9w83u8gy84847568y856947398759857868564866736648594068495064654u53y4t64r2y43u5y4uy6466765101656223145515415417144444444444841451541847

  20. dt prnh liat berita ttg ini di TV..
    mengerikan emang mas…
    apalagi yg soal>> nelayan motong sirip si hiu trus abis itu dilempar-a si hiu ke laut…
    bnr2 gak manusiawi??!! :(

    kalo baca postingan ini, jadi bnr2 yakin mitos2 soal sirip hiu itu gak bnr…
    lagian jg dt gak niat mkn kyk gituan…
    mdh2an yg laen menyadari-a…

  21. Maaf saya pedagang hiu lho..

  22. Ohh malang juga nasib hiu2 itu. Aku yang tadinya doyan banget (maaf ya Hiu, hikss…) jadi sadar semua itu membinasakan keturunan ikan sexy ini. Gak lagi-lagi de, suer!!! thanks buat yang nulis informasi ini. Kalo perlu aku mau jadi sukarelawannya…..

  23. Di perairan Indonesia khususnya bagian timur masih terdapat beberapa jenis ikan hiu, tinggal bagaimana sekarang ini kita melestarikannya, jangan asal meraup keuntungan sendiri dari hasil sirip ikan hiu, tapi juga harus ada keseimbangan populasinya. kalau tidak !
    bagai mana generasi yang akan datang dapat menjumpai apa yang namanya hiu ? kasian deh..
    maaf cuma nimrung ….

  24. sy setujuu!!

    diantara sekian banyaknya spesies yg ada di bumi ini, msh byk kan spesies lain yg baik&halal dikonsumsi manusia, alias yg lebih layak makan ; yg tdk merusak keseimbangan rantai makanan ; yg pd ujungnya tdk mengancam keselamatan ekosistem..

    tapi saking serakahnya manusia, semua makhluk hidup yg bukan homo sapien, kalo bs ya dimakanin semua (eventho sy prh baca email ttg makan bayi manusia somwher in asia..)
    & di jkt,sy prh liat hiu disajikan on menu di resto fastfud ngetop.. how sad..

    emang, alesannya macem2, dr obat sakit smp sbg aprodisiak..& dr sgala alesan yg ada, yg paling keji adl jika manusia segitu bebal hatinya utk mlakukan itu cuma krn 1 alasan ; krn berkhasiat sbg “obat kuat!” yieakh..they shuld go find anothr treatmnt..

  25. waaaaaaahhhhhhhh
    thank you,thank you sooooooo much!
    aku tuh cintaaaaa baget sama pengetahuan laut.
    apalagi si predator Ikan Hiu.
    tulisannya akan kukenang sampai hayat dikandung badan(hallah)
    tapi,
    hiks…hiks,jumlahnya makin sedikit.
    tapi,aku belum pernah makan sesuatu yang ,engandung ikan hiu.
    membantu,nggak?
    hehehehehehehehehe

  26. Hiu Martil Populasinya tinggal sedikat bahkan hampir punah ,

    • ikan hiu susah untk di kendalikan cara penangkapanya… kecuali pancing!!!! kebanyakan korban ikan hiu mati di jaring nelayan… karna ikan hiu sangat aktif dan masuk ke jaring nelayan walau si nelayan tdk minat/niat jaring hiu….karna hiu sngt peka terhadap ikan kcl yg mati kena jaring sblmnya. maka si hiu terperangkap juga.. trms… Nelayan

  27. wah hubungan antara judul dan isinya…

    menurut wa ini masih nyambung. karena si penulis merasa “diperkosa” karena sudah terlanjur memesan makanan tapi waktu makan dia menyadari kesalahannya

    hahahha… barangkali saja loh

  28. ya….!!!! cukup aneh ceritanya….!!!
    tu yg AneH PenuLiSyA……???? AtAU ….????

  29. @Ova dan Ika
    ditegaskan: ini bukan cerita, namun kenyataan. mungkin maksud anda, aneh disini di bag. judulnya ya? kalo itu maksudnya, silahkan baca di bagian 2-nya.
    trims.

  30. AKU MERASA IKAN ADALAH MAHLUK

  31. Wah kren..aq stuju bgt..coba’ ajah para pemburu hiu sadar..
    Laut indonesia kita ini pazti akan trkenal..
    Sumber devisa bro..
    Bisa bikin taman air bawah laut yg mirip ma di amrik..
    Stahu aq di bali sdang mengembangkanx..
    Wah lok stiap daerah kyk gtu..
    Gak bakalan dah banyak pengacara[pengangguran bnyk acara]he..he.. keliling..keliling..
    Makmur sentosa..

  32. dibaca sampe habis g nemu ttg keperawananannya..boongan nch…

  33. kok tdk ada gambar

  34. He.. He.. Y begitulah nasp dri bangsa kami. ! So, tolongin bangsa kami y. Biar ga pnh. Pdhl kmi ga prnh jht ma manusia. Hiks,, hiks,, tp kok manusia jht bgt ma bgsa kmi.

    Ttd, Kisame=(iblis hiu).

  35. sory gan numpang promo, MAU TAU KHASIAT MINYAK IKAN HIU, HARGA TERJANGKAU, KUALITAS MEMUKAU, kunjungi http://addawacyber.com/herbal/squalene/. Teng kyu

  36. Keren tu crita’a,
    tp apa’a yg diblang merenggut keperawananmu?

  37. keren critanya buck??!!!!!!!!
    he he he

  38. wah… ceritx menarik v kok ga nyambung bngt ma judulx !!!!

  39. kurang panjang

  40. hiu

  41. harusnya, khusus ikan tertentu penangkapnya/pembantainya diberi ijin/sertivikat yg mana hasil tangkapannya harus dila[orkan dulu. hasil ikannya jg disertivikat dan pembelinya harus tau kalau beli harus ada sertifikatnya. atau diberi sangsi bila di langgar.gt kira2 kali

  42. isiya sih ok,tp ga nyambung sama judulnya

  43. dtg3w5e5343

  44. Lihat di bag. ke 2-nya, baru ngerti nantinya

  45. saya pelihara anak hiu jns BLACK TIP…. dlm kolam ukuran 4X3 air laut…

  46. nuhjiuaj oiaskj mikppjau kjaiji mpiiuajdskj jhytsdh KJDFJhn shuioaf
    mksdkjoik nuyghgm kujkaflk lkskfk kjiusfn mjnojk[[pikuyfafjasf
    juiiiajdin jhhy8uHUYNUIB SHYHUYTuijjkuirjiuqieujiuj njhae
    jhujfjjhnbahjuaitwoikpok jikjasjdejnkjujankj,,,,,,,,,,,,,,
    iodajijkhakjKBVISKFslktrf
    uuiswdkskdiksmd,,,,,,,,,,,,,,,,,,,
    iooopsjdisyhuihppgr rtkjkljmaskfdmnjjhkkmbkasmd
    13467890.13490
    jasdjanj hbhagHIUJSdjsaerujausdnbhijaios nkamKHJA
    ikakl dsjkads amnjhnadk
    jkjisa dnuinujnjiouian jnkjfn akfjmniasn fjkandai
    u nbiuasdf nbun jasn bfu bnfayhbjhguyh
    ynuanduandjan dkjh!!!!!!!!!
    lgflkfkdjdjdjcfjfvmsnhdldhkgjdlkdnhdas

  47. owgh gitu yah??

  48. Durian mengandung banyak asam amino triptofan yang berguna untuk mengurangi rasa gelisah depresi dan mengobati insomnia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: