Buaya.

Siapa yang tak kenal buaya ? kalau belum pernah melihatnya secara langsung, ada satu cara jitu yg paling cepat dan tepat sebagai solusinya. gampang kok caranya… cukup ambil sebuah cermin, dan berkacalah disitu. pejamkan mata sejenak, dan lihat dalam cermin… selamat, anda tengah melihat sebentuk wajah buaya disitu.πŸ™‚

Sumber dan inspirasi : MNC Jp, wikipedia Indonesia, taman Safari Cisarua – Bogor, Kb binatang Ueno – Tokyo – Jp, Tetangga sebelah rumah yg memelihara buaya, dan Para buaya darat di seluruh dunia.

Buaya, si ganteng yang berbentuk reptil ini, memang selalu menarik menakutkan mahluk lainnya. tapi Predator yg mengerikan ini adalah salah satu penjaga keseimbangan alam yg cukup penting. jika tdk ada buaya, maka tidak akan ada perselingkuhan spesis lainnya akan berlebihan. dan hebatnya lagi, kamu buaya adalah reptil purba yang masih bertahan hidup selama lebih dari 250.000.000 tahun. bukan main…

Dari 23 jenis buaya yang ada di dunia ini, lima diantaranya terdapat di Negara kita. yg ke 5 adalah kamu.
empat diantaranya itu adalah :
1. Buaya sinyongnyong sinyulong (tomistoma schlegelli). buaya air tawar. saran saya, lihat dan periksalah kamar mandi anda.
2. Buaya muara (crocodylus porosus). Jenis ini tersebar merata di seluruh kepulauan Indonesia.
3. Buaya siam (crocodylus siamensis) yang mendiami sekitar wilayah pulau Sumatera. buaya siam adalah buaya khas asal thailand. di Indonesia selain di sumatera, terdapat juga di kalimantan.
4. Buaya air tawar Irian (crocodylus novaeguineae). jenis ini adalah endemik atau hanya ada di Indonesia. penyebaran di perairan2 air tawar di pedalaman papua.

Di Dunia ini terdapat seluruhnya 23 jenis buaya. dan jutaan jenis buaya darat. termasuk seluruh family crocodylia, alligator yg bermulut runcing dan panjang, gharial, serta caiman).

Dari semua jenis itu, yang terbesar dan terpanjang adalah punyanya Gigolo Buaya muara/buaya air asin. (crocodylus porosus atau saltwater crocodille, sebutan yang dipopulerkan oleh Orang Australia).
Buaya muara hidup di muara2, sungai atau rawa2 yang memiliki air payau dan dapat hidup pula di laut.
penyebarannya tersebar luas ke seluruh dunia, walaupun habitat favoritnya ada di Indonesia dan Australia. buaya ini sanggup melompat keluar dari kedalam air utk menerkam mangsanya.

Indonesia mempunyai banyak mitos dan legenda mengenai mahluk pemakan daging tersebut. contohnya adalah mitos buaya putih, buaya buntung, nenek katomba di danau asmara, legenda jaka tingkir, dll. termasuk buaya darat.

Musim kawin buaya berkisar sekitar bulan september-desember dan januari. Buaya2 betina akan bertelur dan menjaga telur2-nya yg disimpan dalam lubang2 pasir, sampai sekitar 3 bulan lamanya. dan pada masa ini sebaiknya jangan coba2 utk menggoda wanita tsb atau mendekatinya. sebab pada masa2 ini, betina2 tsb sangat sensitif dan agresif sekali menjaga keamanan telur2-nya. setelah melewati 3 bulanan, telur2 itu akan menetas. dari semua jumlah telur yang menetas, hanya 5 persen yg bisa survive sampai dewasanya.

mahluk amphibi ini matanya dilindungi oleh selaput khusus yang memungkinkan buaya dpt bertahan lama di dalam air. dan kebiasaan membuka mulutnya lebar2 di daratan, adalah untuk mengalirkan udara hangat sebanyak2-nya, jika amphibi yang berkulit mahal ini kedinganan.

Mahal kulitnya ?? nah ini dia… dgn bayangan mahalnya kulit si predator tsb, akhirnya maraklah pemburuan buaya2 tsb. dan dgn tingkat keberhasilan survive hidup dari telur sampai dewasa yg hanya 5%, akhirnya populasi binatang ini semakin menghawatirkan.

Musim kawin buaya berkisar sekitar september, desember sampai januari. buaya betina akan menyimpan dan menjaga ketat telur2-nya dalam lubang2 pasir sampai sekitar 3 bulanan lamanya. dan pada masa itu, buaya betina tsb menjadi dalam masa agresif dan sensitif. lebih buas dari biasanya. namun keagresifan tersebut tak bisa menghentikan tindakan pemburuan dan pembunuhan terhadap buaya2 tersebut.

Akhirnya sekarang ???
Sekarang buaya diumumkan sebagai satwa yang langka atau nyaris punah di habitat aslinya. hiks…😦 mengingat pentingnya posisi buaya dlm mata rantai makanan, maka th 2004 lalu, badan konservasi alam, InterUnion For Conservation of Nature and Natural Resources (IUCN), memasukannya dalam daftar. artinya reptil ini mutlak harus segera dilindungi. siippppp….

Memang ada beberapa penangkaran buaya di Indonesia. namun perusahaan2 tsb mendapat pengawasan ketat dari pihak yang berwenang. dan semua buayanya haruslah keturunan ketiga. ditambah lagi dgn harus melaporkan semua kulit2 yg hendak di export/jual, kepada Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) agar kulit si keren ini tdk menyimpang dari ketentuan yang ada. demi kelangsungan hidup buaya2 liar di habitat aslinya. dipenangkaran, dibutuhkan biaya dan waktu yg tdk sedikit utk memanen buaya2 tsb. dibutuhkan waktu sekitar 3 tahunan utk membuat buaya tsb dewasa dan siap menghasilkan.

Anehnya, meskipun katanya hampir punah, kita semua dapat melihat kulitnya dgn mata kepala sendiri di pertokoan2 dimana saja. dari mulai tas, sepatu, dompet, jaket perpaduan, topi, sampul buku agenda sampai tali dan bungkus gitarpun terbuat dari kulit buaya. nah lo….

Disamping harga yang mahal, kulit buaya memang kuat dan keren. dan sialnya lagi, Image para pembelinya ini, yang merasa bangga memakai atau mengenakan produk yang terbuat dari kulit para buaya ini.

dan ada image lainnya di masyarakat kita, tentang keamanan dari buaya2 tsb. misalkan contohnya masyarakat yang langsung membunuh begitu melihatnya di alam liar. Padahal hal tersebut terjadi dikarenakan manusianya itu sendiri yang perlahan meluaskan lahan dan merangsek masuk dan mempersempit luasnya hutan atau daerah tempat habitat asli reptil2 itu.
Apapun alasannya, sampai saat ini, pemburuan di alam liar tetap saja marak terjadi. duh kasihan engkau kawan….

Sebisa mungkin posting ini saya trackback/trb ke situs atau blog yang ada kaitan atau tulisan yg sama. minimal menyimpan kata binatang, hutan, alam dll. tapi mohon maaf buat seleb blog yg saya tumpangi trb, namun `ga ada kaitannya dgn tulisan ini. maaf, sekali lagi maaf. alasannya, blog anda top, dan masih sulit mencari postingan yg berbau alam. terima kasih.πŸ™‚

Pos ini dipublikasikan di Lingkungan, Save This Earth !. Tandai permalink.

46 Balasan ke Buaya.

  1. Rizma Adlia berkata:

    ga suka buaya,, takut sama buaya,, (yang di air dan yang di darat,,)

    tenang,, karena Ma takut ama buaya, ga bakal make barang barang pake kulit buaya,, euuw,, serem!

  2. manusiasuper berkata:

    Buaya talks about buaya…πŸ™‚

  3. Buayi berkata:

    lha aku ngaca tadi ga nemu buaya jee…kacanya nyengir doang… hihihi lha kok ngelink ke blog ku emange aku buayi… btw..btw… buaya itu predator ya, tapi klo udah kenyang jinak kok… ga kaya predator yg doyan fulus entu…tu… kagak pernah kenyang….

  4. telmark berkata:

    @Rizma Adlia
    tp lebih takut mana tingkatannya ? di air atau yg di darat ? hehehe… thanks.

    @manusiasuper
    wkekekekk… btw, darat talk yg di air. πŸ™‚
    trims.

    @Evy
    Bu(ayi) Dokter, betul tuh… predator yg doyan fulus kagak ada kenyang2-nya. trims.

  5. Rizma Adlia berkata:

    yang di air!!

    yang didarat bisa dikibulin lagi,, lagian kan yang di darat belom dianggep terancam punah,, ilang satu-dua ga bakal dicari,,😈

  6. cakmoki berkata:

    Tangkur Buaya gimana mitosnya pak?
    Bilangnya untuk buaya darat yaπŸ˜€

  7. telmark berkata:

    @Rizma Adlia
    betul juga ya..?! yang di darat malah kebanyakan. πŸ™‚ trims.

    @cakmoki
    mitosnya memang buat keperkasaan…
    tapi apa bisa dibuktikan secara medis, Cak Dokter ? thanks.

  8. Roffi berkata:

    ngeri deh urusan ama buaya

  9. Roffi berkata:

    ngeri deh urusan ama buaya

  10. helgeduelbek berkata:

    Menurut saya semua tu memang sudah tertakdirkan, antara keseimbangan alam. Seandainya punah pun pasti akan diperoleh keseimbangan baru. Tuhan adil khan.πŸ™‚

  11. ooyi berkata:

    Postingan mengenai buay ada juga di blog saya yang lain http://gerdapala.blogspot.com
    Thanks untuk info….

  12. Dino berkata:

    Oh wow, pengamat buaya ya..

  13. xwoman berkata:

    Buaya rawa walaupun dibudidayakan tapi nyaris punah tapi buaya darat tuh ga ada yang mau membudidayakan tapi makin hari makin marak ajaπŸ˜€

    Aku ga pernah tertarik beli barang2 terbuat dari kulit buaya, karena selain takut ama buayanya juga jijik gitu ama buaya kenapa ya? kalo lagi makan terus liat ada buaya di TV suka langsung pengen muntah. Asli lho!!!

  14. diditjogja berkata:

    bagus mas tulisannya…
    data2 nya jgua bagus…

    eh, tapi manusia yang disebut buaya darat itu kan persepsi yang salah kan ya?!
    bukan begitu?!

    karena buaya konon hewan paling setia dengan pasangannya….nah lo!!

    kok bisa ada istilah buaya darat?

  15. telmark berkata:

    @Roffi
    iya mengerikan, apalagi yg didarat. hehehe…πŸ™‚ thanks.

    @helgeduelbek
    Lumayan, saya mulai terbiasa menuliskan nama anda. Tuhan memberikan sesuatu utk keseimbangan alamnya, tapi manusia yg merusak. Tuhan sangat adil. trims.

    @ooyi
    thanks juga buat infonya.πŸ™‚

    @Dino
    maklum, sesama predator. thanks.

    @xwoman
    jijik ama yg diair. ama yg di darat gmn ? trims.

    @diditjogja
    istilahnya mungkin karena kebuasannya kali ya ? atau mungkin karena tangkurnya ? πŸ™‚ thanks.

  16. peyek berkata:

    berarti urusan tangkur, urusan laki, masih erat hubungan kekerabatan kita dengan buaya nih

  17. orido berkata:

    coba klo masih muda… mungkin jd buaya yg di darat deh… hehehe..

  18. telmark berkata:

    @peyek
    iya mas, urusan gituan biasanya di-nyelenehkan ke binatang2 tertentu. ngedenger tangkur, langsung imajinasi kita lari kearah situ2 saja. hehehe… thanks.

    @orido
    syukurlah kita sudah tua.πŸ™‚ tapi, tuapun banyak juga yg masih buas. yg di darat ataupun yg diair. trims.

  19. cakmoki berkata:

    kayaknya mitos pak, soalnya pernah ada yg pakai gitu trus bisik-bisik masih tidak kuat “siap grak”, hahaha *saru*

  20. deKing berkata:

    Baca komentarnya xwoman jadi ngakak hehehe…
    54 jenis buaya ada di Indonesia? Ya jelas saja, lha wong Lubang Buaya juga ada di Indonesia kok hehehe…

  21. telmark berkata:

    @cakmoki
    walah walah, kasihan mereka yg berani membayar mahal utk mitos yg tak ada kebenarannya ya, cak Dokter…. pakai tangkur, tapi bisik2 masih tdk kuat. hehehe….

    @deKing
    itu berarti Indonesia tempatnya para “BUAYA”. πŸ™‚

  22. Simbah…sudah lama pengen membunuh para buaya….darat…apalagi buaya yang suka sama bininya orang , dan simbah punya jurus jitu membuat kapok buaya

    1, Serahkan mangsa yang berpenyakit ganan,, he he
    2, Serahkan mangsa yang di jaga Polisi atau TNI.. mati deh Loe
    3, kalau ketangkep gak usah di bunuh..,cukup potong tittnya..di jamin deh gak bakalan lagi

    selamat mencoba menangkap buaya

  23. telmark berkata:

    weks, yg no. 3 kayaknya yg paling menyeramkan ya mbah. πŸ™‚ trims.

  24. destiutami berkata:

    Bunuh buaya nya! Bunuh! Eh, bukan toh? Maap, maap *buru2 kabur*

    *balik lagi*
    *pasang tampang serius*

    Memang ada beberapa penangkaran buaya di Indonesia. namun perusahaan2 tsb mendapat pengawasan ketat dari pihak yang berwenang. dan semua buayanya haruslah keturunan ketiga. ditambah lagi dgn harus melaporkan semua kulit2 yg hendak di export/jual, kepada Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) agar kulit si keren ini tdk menyimpang dari ketentuan yang ada. demi kelangsungan hidup buaya2 liar di habitat aslinya. dipenangkaran, dibutuhkan biaya dan waktu yg tdk sedikit utk memanen buaya2 tsb. dibutuhkan waktu sekitar 3 tahunan utk membuat buaya tsb dewasa dan siap menghasilkan.

    Iya, kan ada tuh yang punya usaha membuat barang2 dari kulit buaya, pernah lihat di tipi. Tapi saya penasaran, kira2 kalo sudah diambil kulitnya, buaya-nya diapain ya? Dibunuh lalu dimakan? Hiiii….
    Atau dibiarin hidup tanpa kulit alias gundul? Eh, emangnya pas mau diambil kulitnya, buayanya dibunuh dulu atau dlm keadaan hidup ya?

  25. telmark berkata:

    tentu saja, buaya dikuliti tdk dlm keadaan hidup. kalau sudah dikuliti, dagingnya bisa dimakan. terdapat restoran2 yg menyajikan menu dari daging buaya. seperti sate atau steak dari daging buaya. πŸ™‚ trims.

  26. wargabanten berkata:

    Banyak BUAYA disini >>> kabur ahhhhh .. tatut ….

  27. Shan-in Lee berkata:

    Shan-in mau jadi penjinak buaya aja deh.πŸ˜€

  28. telmark berkata:

    @wargabanten
    iya, cumen saya dan kamu yg bukan buaya ya ? πŸ™‚ thanks.

    @shan-in lee
    penjinak yg darat atau air ? trims.

  29. Ping balik: Hangatnya Mentari « cakmoki Blog

  30. meiy berkata:

    seberapapun agresifnya buaya, pasti lebih agresif buaya darat eh manusia ya mas…buktinya buaya terancam punah…

  31. telmark berkata:

    iya, dan yg didarat malahan semakin banyak ya ? πŸ™‚ thanks.

  32. heztyra berkata:

    ada yang punya anakan/telur ato bibit buaya gak? saya berminat budidaya nih? berapa perekornya ya? hubungi saya dong kalo ada? trus ada ijin khusus gak? kalo mau menangkar buaya?
    jangan lupa hub saya ya temen – temen?
    di: ikie_akoe@yahoo.co.id
    ato sms: 03337748777
    081931999678

  33. SYECHA berkata:

    To whom it may concern,

    Saya sangat tertarik dengan budidaya buaya air tawar, dapatkah saya mendapatkan informasi secara detail mengenai hal ini, baik analisisnya, habitatnya dsb, jika tidak keberatan saya ingin berkomunikasi langsung dengan anda.

  34. budi berkata:

    Saya tertarik dengan cara budidaya buaya boleh minta alamat atau email alamat peternakannya biar lebih jelas. trims

  35. puru berkata:

    gan ,,,da info kulit mentahnya buaya tidak?trimakasih…

  36. I absolutely love your blog and find most of your post’s to be just what I’m looking for.
    Do you offer guest writers to write content in your case?
    I wouldn’t mind composing a post or elaborating on a number of the subjects you write about here. Again, awesome web log!

  37. It’s appropriate time to make some plans for the future and it is time to be happy. I have read this post and if I could I desire to suggest you some interesting things or suggestions. Maybe you could write next articles referring to this article. I desire to read more things about it!

  38. May I just say what a relief to uncover somebody who
    really knows what they’re talking about on the web. You certainly understand how to bring a problem to light and make it important. More and more people really need to look at this and understand this side of your story. I was surprised that you are not more popular since you most certainly have the gift.

  39. I am sure this piece of writing has touched all the internet visitors, its really really fastidious paragraph on building up
    new web site.

  40. Obat Sipilis berkata:

    Buaya harus dilindungi sebelum punah

  41. Obat sipilis berkata:

    Buaya tidak lagi berbahaya

  42. NURUL ASMA berkata:

    Your are the person who chosen to live this life by God Why God choose you? Because you have the strength to cope with any difficulties that given

  43. FERY ARDIANSYAH berkata:

    Bahagia adalah milik mereka yg bangga menjadi dirinya sendiri tanpa mencemaskan apa yg dipikirkan orang lain tentangnya.

  44. HENI KURSIANTI berkata:

    You do not need to be great to start something Do it now and do not ever put off because the chance may not come twice

  45. HENI KURSIANTI berkata:

    Yang dimaksudkan dengan kontak seksual ini adalah penyakit kutil kelamin dapat disebarkan melalui seks oral seks alat kelamin atau bahkan anal seks dengan seseorang yang sudah terlebih dahulu terinfeksi. Dan penyakit ini sangat mudah dikenali cirinya.

  46. WELLY MOLANDA berkata:

    Work with people who believe in your dreams They will be encouraging you when fail

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s