Selamat hari Lingkungan hidup seDunia.

sumber dan inspirasi : MNC Jp, Walhi, dan beberapa situs Indonesia.

Hari ini, warga Ibukota yg melewati kawasan HI Jakarta pusat, mendapatkan “hadiah” pohon jarak dgn gratis. warga yg lewat dgn kendaraannya tsb, mendapat bingkisan kejutan tersebut dari para mahasiswa dan Dosen Univ. Trisakti, dgn harapan, agar warga Jakarta yg mendapat bingkisan tsb segera menyadari sebuah krisis lingkungan yg tengah terjadi di Indonesia dan di Dunia ini.

Kenapa pohon jarak ?? dipilihnya pohon ini karena tanaman ini dapat diubah menjadi BBM yg ramah lingkungan. tanaman pagar tsb kini sedang menjadi idola Dunia. (yg tentu saja dikarenakan tanaman ini dapat diubah menjadi energi pengobatan alternatif di masa depan).

Dgn happening art, kelompok pecinta lingkungan hidup, WALHI, menggelar aksi keprihatinan atas rusaknya lingkungan hidup di Indonesia. sebanyak 14 spanduk dipasang mengelilingi bundaran air mancur depan Hi tsb. ada yg menarik dari aksi ini. yaitu sebuah baligo yg bertuliskan Siapa calon Presiden perduli Lingkungan. mereka menggugat kampanye yg dilakukan para capres/cawalpres tsb. mereka menganggap isu yg diusung para capres tsb hanya utk meraih simpati suara saja, menjelang pemilu. begitu juga dgn “tulisan Indonesia is not for sale”, yg menyerukan bahwa kekayaan alam Indonesia tdk bisa begitu saja dijual demi kepentingan investasi.

himpunan mahasiswa pecinta alam seSurabaya-pun tampaknya tak mau kalah. hari ini para aktivisnya, dalam rangka memperingati hari lingkungan hidup sedunia ini, menggelar pembagian tanaman penghijauan ke pengguna jalan di kawasan jalan Markoyo. Harapan dari acara bagi2 tanaman ini adalah agar warga Surabaya mulai mencintai dan perduli lingkungan mereka.

Di Sidoarjo, Jawa timur, peringatan hari lingkungan hidup sedunia diperingati dgn membagi2-kan bingkisan berupa VCD mengenai kerusakan lingkungan oleh 15 anggota dewan lingkungan Sidoarjo, kepada pengguna jalan, diperempatan jalan babalayan. Dewan lingkungan Sidoarjo berharap, pemerintah melalui BP2LS segera menyelesaikan masalah luapan lumpur panas “Lapindo” yg jelas2 sangat merusak lingkungan.

Bagaimana dgn lingkungan anda ? apa yg anda bagikan ? kalau dipikir, acara bagi2 itu memang tdk perlu sebenarnya. tapi, setidaknya, anda dpt membagikan berita atau pengetahuan ttg bahaya krisis lingkungan hidup yg tengah berada dalam coretan tinta merah ini.

Mulailah dari sekarang. dgn menanam pohon jarak misalnya. atau kalaupun perkarangan kita terlalu kecil, kita dpt menanam pohon2 bunga yg dpt memperindah halaman rumah menjadi semakin keren.🙂
ingat! sekecil apapun tanaman yg kita tanam, tetap berguna bagi lingkungan yg sudah semakin engap2-an ini.
Apapun juga, saya mengucapkan dgn tulus : Selamat hari Lingkungan Hidup Sedunia.

Pos ini dipublikasikan di Lingkungan, Save This Earth !. Tandai permalink.

22 Balasan ke Selamat hari Lingkungan hidup seDunia.

  1. Master Li berkata:

    Saya memgucapkan Selamat hari Lingkungan Hidup Sedunia, juga (lagi-lagi) selamat ultah buat papi saya.🙂

  2. telmark berkata:

    walah, biarpun telat, tolong sampaikan ucapan saya kpd papi master li (lee?): selamat Ultah, dgn tulus. eh yg ke berapa? 🙂 thanks.

  3. Roffi berkata:

    kang telmark, sepertinya gerakan moral kayak gitu ga cukup yah, dan cuma gerakan tahunan, besok lusa dah pada lupa hehe. Gimana caranya agar ngasih pressure yang lebih kuat ke pemerintah… misalnya agar pemerintah harus menerapkan punishment bener² bagi perusak lingkungan. Ya hukumannya mesti setara lah dengan penjahat narkoba..

  4. telmark berkata:

    iya, kang Roffi, sayapun inginnya begitu. tapi, begitu bnyk para pecinta lingkungan yg mencobanya, baik yg langsung kejalan, maupun hanya berbentuk himbauan, namun begitu banyak pula yg gagal. (tdk digubris malah). satu2-nya cara adalah memilih “pemimpin Negeri ini” yg mempunyai keperdulian tdh lingkungan. apapun juga, gerakan moral tampaknya tdk akan pernah berhenti. thanks.

  5. Toga berkata:

    Itulah masalahnya. Di negeri seperti ini, isu lingkungan dianggap belum seksi, bahkan untuk sekadar bahan kampanye pemilu.
    padahal justru negeri ini yang dipilih Tuhan untuk menjadi salah satu paru-paru dunia.
    Jadi, tidak saja selamat hari lingkungan hidup, tetapi juga selamatlah lingkungan hidup.

  6. telmark berkata:

    iya, memang benar. dianggap spt tdk penting, dibandingkan kantong pribadi para pejabatnya itu sendiri. 🙂
    selamat juga buat bang Toga, dan selamatlah semua yg perduli ttg lingkungan. thanks.

  7. regsa berkata:

    Sebenarnya sayapun (agak) peduli dengan lingkungan hidup.Tapi 3 thn terakhir kerja di mesin perusak lingkungan..gimana 10X dong
    *sambil siram2 taman*

  8. Agam berkata:

    membagi2-kan bingkisan berupa VCD mengenai kerusakan lingkungan
    Wah mau juga donk VCDnya. Keliatannya koq bagus. Aku diSidoarjo, tapi gak dapet😦

  9. telmark berkata:

    @regsa
    yg penting kan orangnya bukan perusak lingkungan. 🙂 mesin hanya alat, sedangkan yg menjalaninya itulah yg disebut pelaku. thanks.

    @Agam
    kalau gitu, silahkan tunggu di tahun depan, tepat peringatan hari lingkungan hidup sedunia. hehehe… trims.

  10. venus berkata:

    mari kita selamatkan lingkungan kita.
    mother earth is crying…

  11. Dino berkata:

    Saat ini lingkungan jadi pembicaraan hangat dimana-mana. Tapi aku lebih menyalahkan negara2 maju seperti Amerika dalam hal ini. Konsumsi bahan bakar mereka luar biasa banyaknya. Negara miskin seperti Indonesia hanya korban dari efek domino. Misalnya penebangan liar kayu. Negara yang punya duit ingin kayu yang murah, sedangkan warga negara miskin punya kayu, gimana ga tergiur untuk menebang pohon agar dapat duit.

  12. Faiq berkata:

    Saya setuju dengan dikembangkannya sumber energi yang ramah lingkungan. Khusus untuk BBM dari buah jarak, semoga para ilmuwan Indonesia mampu mengembangkannya. Kalau Malaysia boleh bangga dengan kebun sawit dan produk minyak sawitnya, suatu saat mungkin Indonesia bisa berbangga dengan kebun Jarak dan produk BBM Jarak-nya.

  13. telmark berkata:

    @venus
    masih bisa kita selamatkan apa yg tersisa. trims buat dukungannya ya mbak.

    @Dino
    permasalahannya memang kira2 spt itu. Negara maju berusaha melidungi hutannya sendiri. mereka malah membeli kayu dari hutan2 negara yg belum sadar lingkungan atau miskin spt negara2 terbelakang atau dunia ke 3. yg bisa kita lakukan bukan cuma mengelus dada, tapi berusaha memperbaiki ekonomi dan tingkat kesadaran seluruh lapisan masyarakatnya. termasuk juga mengikuti cara mereka, mengawasi dgn ketat dan membuat hukum yg tegas. thanks.

    @Faiq
    tehnologi tsb sedang dikembangkan oleh produsen industri otomotif. dan Indonesia, boleh berbangga, karena tanaman tsb dapat tumbuh subur disini. hanya, yg ditakuti oleh sebagian kalangan, terjadi booming besar2-an nantinya. dan masyarakat yg tdk mengerti lingkungan bisa ikut2-an menjadi petani pohon tsb, dgn cara merangsek kedalam pedalaman hutan. terjadi kehancuran atau pengecilan luas hutan dan ketidak stabilan alam. dan tentu saja ketidak stabilan harga jual jarak nantinya. trims.

  14. chielicious berkata:

    Yupz..mulai dari diri sendiri.. dengan menggunakan barang2 yang hemat energi ato yang bisa di daur ulang juga itu udah termasuk membantu menghijaukan lingkungan kita koq.. yang penting sieh sadar lingkungannya.. kali aja bisa nularin ke tetangganya dan sodara2nya😀

  15. santribuntet berkata:

    selamat hari lingkungan hidup sedunia… Ayo dukung gerakan anti globang warming….

  16. telmark berkata:

    @chielicious
    betul banget, yg penting sadar lingkungan dan kalau bisa menularkannya ke yg lainnya. thanks utk komen dan kunjungannya.

    @santribuntet
    selamat juga buat santri buntet. 🙂 ayo, mari kita dukung penuh anti global warming! trims.

  17. peyek berkata:

    salut sama moratorium Aceh!, Selamat !

  18. imcw berkata:

    selama manusia tidak menghargai lingkungannya maka selama itu pula manusia akan terasingkan dari lingkungan

  19. telmark berkata:

    @peyek
    iya, salut dgn aceh. dimulai tgl. 6, juni-2007, aceh mendeklarasikannya. 🙂 semoga, moratorium ini juga diiringi dgn pengawasan dan sanksi yg tegas. selamat dan trims.

    @imcw
    dan selama itu pula alam raya takkan pernah bersahabat. thanks utk komen dan kunjungannya.

  20. Evy berkata:

    yuuk kita semua menanam pohon…gerakan menanam pohon se indonesia… cintai pohon itu adalah sumber oksigen..

  21. telmark berkata:

    betul bu Dokter. “global warming” kayaknya udah bukan peringatan lagi semata. trims.

  22. ooyi berkata:

    dunia ini sudah tua…kenapa kita manusia membuatnya semakin tua ? semoga pelestarian lingkungan hidup membuatnya masih tetap tersenyum di usia senjanya….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s