Terumbu Karang. Digebuk, ditebang, dibentang.

Terumbu karang apaan se ?  sejenis terasi yg di blender dgn cpt, atau ditumbuk di  batu ulekan.  Gunanya apaan ?  Ya buat nyambel.

Sumber dan Inspirasi  :  Gatra.com, Yayasan terumbu Karang Indonesia, reefcheck.or.id, Geocities.com, beberapa buah blog, Pelabuhan Ratu beach, dll-nya. (yg tdk dicantumkan silahkan protes).

Baru baru ini saya dan Istri mengunjungi sebuah pantai di Jawa Barat. sudah lama sekali tdk berkunjung kesitu. (kalau tdk salah, waktu msh pacaran dulu kami kesitu. mm.. kira2 belasan tahun yg lalu).  Ada yg aneh disitu…  kami masih menemukan rumah makan yg sempat kami datangi dulu. hampir masih sama dgn yg lama. tetapi kami tdk menemukan pohon2 kelapa dibelakangnya, dimana kami berdua dulu sempat bermain ayunan disitu.🙂

ketika kami mem-buka2 foto2 lama, kami menemukan sebabnya…  Ternyata tanah dibelakang rumah makan tsb tdklah sepanjang dahulu. padahal laut sdng surut. Erosi sebabnya. menyedihkan.

Ketika saya menawar harga sewa sebuah kapal (utk memancing), lagi2 saya terkejut. ternyata si Nelayan tsb langsung menyetujui harga yg saya sebutkan. (setengah dari yg dia tawarkan). WHY ??? masa sedemikian mudah, sedemikian murah, sedemikian hah hah hah ?

Jawabannya kembali saya temukan. Ternyata Nelayan2 di perairan tsb, memang masuk dlm daftar Frustasi. karena sulitnya mencari Ikan dlm masa2 terakhir. so tawaran murahpun jadilah. (katanya, ikan sekarang2 ini udah pd kaga genit lagi). Mengapa bisa terjadi penyusutan pantai dan kesulitan Nelayan2 berpengalaman tsb dlm mencari Ikan2 di Perairan yg tadinya subur tsb ? Lagi2 jawabannya terlalu mudah..  berkaitan dgn kerusakan2 alam. salah satunya adalah Terumbu Karang.

Padahal, Di Tahun ini, (Tahun 2008) International Coral Reef Initiative (ICRI) telah menetapkannya sebagai Tahun Terumbu Karang atau International Year Of The Reef (IYOR). 

Keterangan sekilas:   Tahun 2008, adalah tahun internasional untuk terumbu karang ke dua yang dicanangkan oleh the International Coral Reef Initiative (ICRI).  ICRI merupakan sebuah Organisasi dunia untuk membangun kesadaran dan semangat konservasi terumbu karang. 

the International Year of the Reef-IYOR ( Tahun terumbu karang internasional, IYOR) 2008 adalah Kampanye selama setahun untuk melibatkan setiap orang dalam konservasi terumbu karang Selama setahun penuh. Baik itu dari Pemerintah, Instansi2, Lsm maupun dari kalangan masyarakat.

IYOR 2008 adalah sebuah kampanye yg mengagumkan. menegaskan ttg pentingnya keberadaan Terumbu karang. Kampanye yg mencoba menyadarkan masyarakat umum utk mengerti dan berperan aktif langsung utk perlindungannya.  Diharapkan, dgn adanya kampanye ini, Masyarakat Luas mulai mengetahui semua pengetahuan Ttg Terumbu Karang, mulai dari segi ekologi, ekonomi, sosial, buadaya, bahaya2 yg mengancamnya, hingga pengelolaannya. tentu saja, tujuan akhir dari Kampanye ini adalah sebuah aksi nyata dari semua lapisan masyarakat, utk melindunginya.

Reef Check Indonesia menyikapi semangat Tahun Terumbu Karang Internasional 2008  dan ( yg berbarengan) Tahun Kunjungan Wisata Indonesia 2008 (Visit Indonesia Year 2008). dengan melakukan inisiatif  membangun wadah di www.goblue.or.id.  sebuah upaya membangun kesadaran publik. Bravo…

Terumbu Karang yg berada di Perairan kita, membutuhkan waktu sekitar 450 Juta Tahun, utk membentuk suatu kesatuan yg dapat kita lihat sekarang ini. Ekosistim ini kompleks dan produktif. Terumbu Karang memang umumnya terdapat pada Perairan2 yg dangkal atau tdk terlalu dalam, jernih airnya dan memiliki kadar karbonat yg tinggi. tentu saja, karena  Ekosistim Terumbu karang kita adalah ekosistim daerah tropis yg khas, unik dan keindahannya yg mengagumkan, maka kehangatan airnya biasanya lebih dari 22 derajat Celcius.  Mereka memerlukan cahaya matahari yg dpt menembus kedalam dasar perairan utk ber-fotosintesis, dan kadar kapur yg tinggi utk pembentukan kerangka bianatang2 karang serta biota lainnya.

Total luas kawasan terumbu karang2 di  Indonesia, saat ini sebesar 85.707 km2. terdiri dari jenis tepi 14.542 km2, jenis penghalang 50.223 km2, jenis landas oseanik 1,402 km2, dan atol 19.540 km2.

Jadi Terumbu karang apaan se ?  Terumbu karang adalah sekumpulan karang yg membentuk bangunan2 karang yg indah.  Karang2 itu hidup. dan menjadi suatu ekosistim yg saling bertaut satu dgn yg lainnya.

Ada yg lainnya ? menurut Yayasan Terumbu Karang Indonesia atau Terangi (http://www.terangi.or.id/), Terumbu karang adalah bangunan ribuan karang yang menjadi tempat hidup berbagai ikan dan makhluk laut lainnya. 

Akibat berbagai dampak, sebagian besar terumbu karang di wilayah Indonesia saat ini sudah mengalami kerusakan yang sangat parah. dan well… kita tahu, sebagian besarnya adalah akibat ulah kita2 juga yg menamakan dirinya Manusia, atau mahluk yg paling sempurna. paling sempurna kalau buat ngerusak.

Terumbu Karang sendiri adalah hewan2 laut yg mudah stres. Bnyk akibat yg bisa menyebabkan Pemutihannya. (berubah warna menjadi putih, dikatagorikan dlm keadaan sakit) yaitu akibat pengrusakan2 alam, temperatur air laut yang berubah, kurangnya sinar ultraviolet dlm jangka waktu yg lama, polusi dan ganguan2 lingkungan lainnya, maka ia akan kehilangan sel alga simbiotiknya, yg bernama zooxanthellae,  ujung2nya, ya tewas jg se… 

Sejauh mana kerusakan Terumbu karang di kita ? wah… dah jauh itu mah. lihat di geocities ( http://www.geocities.com/minangbahari/artikel/ukuran_kerugian.html ).

Ketika kita memprakarsai penyelematan terumbu Karang (CTI), saya kira kita baru akan memulainya. atau dgn kata lain, kita belum siap, karena toh kerusakan2 kita sendiri sebagai pemrakarsa, sudah sedemikian parahnya. sementara Masyarakat kita sendiri bahkan belum bnyk yg mengerti tentang arti dan kegunaan terumbu karang itu sendiri.

Keterangan sekilas:  Coral Triangel Inisiative/CTI, meliputi Indonesia, Malaysia, Filipina, Papua Nugini, Kepulauan Solomon dan Timor Leste, atau disebut juga dgn CT-6. CTI pertama kali ditawarkan dalam Pertemuan pimpinan APEC di Sydney Australia awal September 2007 lalu. kemudian dibahas di UNFCCC di Bali, dan rencana selanjutnya aksi CTI akan dicanangkan pada World Ocean Conference 2009 di Manado Sulawesi Utara oleh para pemimpin negara CT-6.

Menurut Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Yosmeri, Sebanyak 33,17% dari total 85.707 kilometer persegi (km2) luas kawasan terumbu karang di perairan Indonesia mengalami kerusakan parah. (berdasarkan hasil penelitian Pusat Penelitian Oseanografi LIPI pada 841 lokasi kawasan terumbu karang di Indonesia). dan dari penelitian itu diketahui pula 37,34% dari total terumbu karang itu mengalami kerusakan dengan kondisi yg menyedihkan.

Yang aneh, di bnyk toko2 ikan hias dan aquarium, kita dpt melihatnya dgn berbagai macam jenis.  Indah nian karang2-nya, cantik ikan2 hiasnya, jelas harga2-nya, mudah mendapatkannya. Terumbu karang kita memang mudah buat digebuk, ditebang, kemudian dibentang dilain tempat.  Percuma CTI, percuma IYOR 2008, Percuma bla.. bla.. bla.. , bila tanpa disertai hukum dan tindakan tegas utk menegakkannya.

Pos ini dipublikasikan di Lingkungan, Save This Earth !. Tandai permalink.

28 Balasan ke Terumbu Karang. Digebuk, ditebang, dibentang.

  1. pakdejack berkata:

    kalo terumbu karang rusak terus, jd gmn dunk nasib bangsa ini??

  2. telmark berkata:

    @pakdejack
    yg jelas bnyk Negatifnya yg bakal kita terima. dari abrasi pantai, jumlah ikan2, sisi pariwisatanya, dsbnya.
    Nasib Bangsa, terutama yg dipesisir, akan mengalami penurunan.
    thanks.

  3. yati berkata:

    tergerus semuanya….pantainya, terumbu karangnya, ikannya, nelayannya😦

    oot: ma kasih udah mampir. ma kasih udah mengerti. btw, kok lama ga apdet?

  4. erander berkata:

    Kalo soal terumbu karang, saya jadi ingat ketika becak dihapuskan dari ibukota Jakarta. Becak² itu diceburin ke laut sekitar Kepulauan Seribu, konon katanya untuk menciptakan terumbu karang baru .. hmm, ikan² pada narik becak semua deh🙂

    Dan baru² ini, saya baca dikoran, ada negara yang menceburkan bus² bekas dan pesawat rongsokan mereka ke laut .. juga dengan alasan sama yaitu untuk menciptakan terumbu karang. Wah, nanti ikan² pada bisa naik bus dan pesawat dong ya pak?

  5. superkecil berkata:

    wisata terumbu karang yukk

    dimana ya??

  6. telmark berkata:

    @yati
    iya, maklum, lg pindah tugas. thanks jg dah kemari.

    @erander
    hehe, apalagi kalau yg dibuangnya pswt ulang alik ya pak ?
    Rongsokan2 tsb hanya bisa menggantikan sedkit dari bnyk fungsi terumbu krng pak, tdk bisa menggantikan bnyk hal lainnya, spt keindahannya. Thanks.

    @superkecil
    yuk, ditumpukan becak2 di kepulauan 1000, atau ditumpukan bus2 dan pesawat bekas ?
    trims.

  7. kahfinyster berkata:

    ah,,ga bisa d masukin k otak deh kalo terumbu karang sampe punah,,

  8. elspevensie berkata:

    wuih.. harusnya djaga tuh terumbu karangny biar g punah..

  9. telmark berkata:

    @kahfinyster
    Iya…😦 yg masuk diakal hanyalah, tanpa terumbu krng, abrasi pantai yg cpt bgt.
    thanks.

    @elspevensie
    duh, susah jg ya ngetik namanya. Iya, sebaiknya kita mulai segera menjaga terumbu karang yg masih tersisa di perairan kita.
    thanks.

  10. juliach berkata:

    Habisnya pada rakus semua dan jika kerja cari duit tidak pakai otak seh! Cari ikan pakai peledak! Karang-karang pada dicongkelin dan dijual di kota besar, ada pula yang dijual untuk nguruk bikin jalan.

    Kalau tidak segera ditanam ulang, terpaksa kita harus impor ikan jika ingin makan ikan laut!

  11. telmark berkata:

    @juliach
    tepat, kaga pake otak semoanya… *ngos2-an nahan emosi*😉
    makanya, 2008 ini, Indonesia musti lebih tegas lagi. ya itu td, kalo ga pengen perairan kita mangkinan parah.
    thanks.

  12. nameeman berkata:

    I like terumbu karang,
    apakah kamu juga suka????

    http://www.siamang.tk

  13. alris berkata:

    Saya kepengen udah lama liat terumbu karang yang di dasar laut itu. Semoga kesadaran masyarakat kita semakin tinggi untuk menjaga keaslian terumbu karang. Sampai saat ini baru liat di TV thok.
    Ini kunjungan perdana ke blog mas, salam kenal. Ditunggu kunjungan balasannya di blog aku.

  14. telmark berkata:

    @nameeman
    hehehe.. jls suka, semua yg berkaitan dgn alam saya suka. thanks.

    @alris
    di perairan kita banyak kok terumbu karang yg bagus2. salam kenal kembali, dan saya pasti akan berkunjung. thanks.

  15. PAG berkata:

    Tulisan yg bagus2. benar2 cinta alam.

  16. kahfinyster berkata:

    ayo selamatkan terumbu karang,,

  17. yeah, apa yang dipekikkan orang-orang Indonesia masih sama dengan apa yang dipekikkan orang-orang Hindia Belanda: kita hidup di zaman serba sulit.

  18. rio2000 berkata:

    fungsi terumbu karang itu seperti hutan di darat😀

    kalo “hutannya gundul” ya ikannya kabur:mrgreen:

  19. uli berkata:

    hidup pecinta lingkungan…

  20. dhani wisnu berkata:

    met malam…sekedar kunjungan di malam yang indah dan cerah

  21. Dhani wisnu berkata:

    kunjungan malam untuk baca-baca artikel yang bagus

  22. Farid berkata:

    Mari kita jaga kelestarian terumbu karang.

  23. Obat Sipilis berkata:

    perusak perlu di brantas demi lestarinya trumbu karang

  24. solehudin1 berkata:

    Terimakasih infonya mantap bos….

  25. FITRI ANGGRAINI berkata:

    Orang yang bijak adalah yang tahu siapa yang harus dia percaya. Orang yang lebih bijak adalah dia yang selalu bisa dipercaya.

  26. WERI ZELWINDA berkata:

    Kencing nanah pada pria biasanya dialami oleh seorang suami. Suami yang mengidap kencing nanah pada pria bukan tidak tahu kalau dirinya mengidap kencing nanah atau gonorrhea. Sekarang banyak kasus kencing nanah yang sudah kebal terhadap obat.

  27. WERI ZELWINDA berkata:

    Yang penting itu bukan apa yang kita ketahui tapi apa yang kita bersedia pelajari

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s